Diajak bapak ke toko buku Gunung Agung Jogjakarta

2013-08-10 08.36.25

Saat mengupdate cover picture FB dengan foto di area Tugu Jogjakarta, tak sengaja saya melihat papan nama di pojok “Toko Gunung Agung”. Saya jadi ingat, kalau saya pernah ke toko buku itu, sekitar tahun 80. Bentuknya tidak berubah.
Saat itu saya diajak almarhum Bapak ke Jogja, untuk mencari buku yang beliau perlukan. Saya sudah lupa, kami naik apa ke Jogja. Mungkin naik bis, yang saat itu jadi salah satu angkutan utama kalau ke Jogja. Di toko buku Gunung Agung, yang di ujung jalan itu, bapak asyik melihat dan mencari buku. Sedangkan saya berkeliling, dan tertarik saat melihat buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat, tulisan Cindy Adams. Saya minta dibelikan buku itu, dan Bapak setuju membelinya. Buku itu entah sudah dimana, tapi saya ingat kalau isinya sudah saya baca.

Perjalanan ke luar kota untuk membeli buku, sebenarnya bukan suatu perjalanan yang istimewa. Tapi hal itu melekat di benak saya, dan saat ke Jogja kemarin saya ceritakan kembali ke istri dan anak-anak, tanpa menyadari bahwa sudut itu saya foto. Suatu kebetulan: saya memfoto Tugu, mengenang bahwa dulu waktu kecil pernah ke suatu toko buku, dan seminggu kemudian baru sadar bahwa toko yang saya cari itu ada di dalam salah satu hasil jepretan.

Pelajaran yg saya peroleh adalah kenangan perjalanan bersama orang tua itu adakalanya mash berbekas berpuluh tahun ke belakang. Karena itu tinggalkanlah kenangan yang baik, saat mengajak anak-anak melakukan perjalanan keluar kota. Itu akan jadi kenangan indah yang mereka bawa sepanjang hayat.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di keluarga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

