Marhaban ya pilpres 2014

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 kali ini sangat menarik. Partisipasi dan perhatian masyarakat sangat besar, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini mungkin dikarenakan peran social media yang penetrasinya luar biasa di kalangan masyarakat kita. Salah satu trend baru di masyarakat adalah melihat debat capres/cawapres di TV sambil melakukan interaksi dengan komunitas maya lewat twitter, facebook maupun social media yang lain. Keberadaan smartphone dan akses internet yang makin baik membuat fenomena ini populer. Fenomena ini disebut second screen dan menjadi kajian menarik dari lembaga survey publik Nielsen maupun Google. Kajian itu antara lain, mengenai penggunaan smartphone yang ternyata lebih intensif saat melihat televisi, dan bagaimana pengaruhnya terhadap komentar di social media. Komunitas ini hidup di dua dunia : dunia fisik dan dunia virtual. Komunikasi di dunia fisik dibatasi oleh waktu dan tempat, sedangkan dunia virtual batas tersebut menjadi tak berarti. Tanpa disadari, cara kita berkomunikasi telah berevolusi.

Statistika, Data Mining, Text Mining, Social Network Mining adalah teknologi-teknologi yang sangat intensif dipakai. Teknologi ini bahan bakarnya data. Tanpa data yang masif, mereka tidak akan mampu mengekstrak informasi yang bermakna. Pilpres kali ini memberikan tempat bermain yang menarik bagi teknologi-teknologi di atas. Panasnya pilpres kali ini memicu perdebatan yang hangat di dunia maya, yang tercermin dari puluhan status facebook, tweet yang dituliskan seseorang dalam sehari. Twitter, misalnya, situs http://www.digitalbuzzblog.com/infographic-twitter-statistics-facts-figures/ melaporkan bahwa dalam 1 detik ada sekitar 640 cuit-an yang beredar, dan Indonesia termasuk dalam no.8 paling sibuk berkicau. Dalam masa pilpres seperti sekarang, jumlah kicauan tentunya akan meningkat pesat.  Data yang biasanya sulit dicari, dalam situasi saat ini, menjadi mudah diperoleh. Jutaan orang dengan suka rela menyumbangkan data untuk diolah. Proses sosial yang terjadi di masyarakat, terefleksikan pada dinamika social media, yang kemudian dikonversikan oleh teknologi datamining ke dalam angka. Teknologi datamining membantu inferensi proses sosial pada masyarakat dan menterjemahkannya ke dalam angka. Angka ini kemudian divisualisasikan dalam bentuk grafis. Tampilan grafis yang berubah tiap hari ini memotret pergerakan dan dinamika temporal yang terjadi di masyarakat. Tak heran, banyak situs-situs yang berlomba-lomba memberikan infografis sebagai layanan mereka, sebagai etalase kemampuan teknologi yang dimiliki dalam memotret dinamika sosial di masyarakat. Informasi pictorial lebih mudah difahami oleh masyarakat, a picture paint a thousand words, kata Confucius.

Salah satu topik yang kemarin menjadi berita hangat adalah Quick Count (Hitung Cepat). * belum selesai *

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di datamining. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s