Kisah seorang murid yang mampu merubah nasibnya

Suatu hari, setelah mempresentasikan kemajuan risetnya, murid saya lemas, karena nilainya sangat tidak baik. Saya pun sangat kecewa. Saat kami ada waktu berbicara scr pribadi, dengan halus sampaikan “Maafkan saya ya Nak. Kalau performa mu seperti sekarang, saya tidak berani meluluskanmu. Waktu tinggal beberapa minggu. Terus terang saya khawatir karena kalau saya anggap tidak layak, saya tidak akan sekali-kali menandatangani skripsimu” Maklum lah, karena penilaian saya, overall nilai kemajuannya sekitar 20 an dari total 100. Kualitasnya sangat buruk padahal waktu tinggal sebulan. Saya sudah deg-degan setiap hari, memikirkan anak saya yang satu ini. Minggu demi minggu berlalu, dan dia menunjukkan kemajuan yang signifikan. Ada beberapa hasil eksperimen yang menarik, dan saya minta untuk dibahas mendalam. Karena presentasi yang menarik itu bukan yang semata menceritakan keberhasilan, tapi juga membahas kegagalan yang terjadi, atau ekspektasi yang tidak tercapai. Apa yang menyebabkan ekspektasi itu tidak tercapai tentu akan menjadi pertanyaan para penguji. Nah, kalau kamu bisa jelaskan dengan baik, itu akan menjadi poin plus bagi presentasimu, Nak. Sampai akhirnya, saya beri izin padanya untuk maju sidang. Sebagaimana ke murid saya yang lain, saya minta agar tiap anak berlatih presentasi. Jangan khawatir kalau merasa tidak percaya diri. Tulislah apa yang akan kamu presentasikan, kalimat demi kalimat, dan konsultasikan dengan saya agar saya bisa memberikan feedback, slide apa yang harus ditambahkan, apa yang harus diucapkan, mana yang harus dibuang, agar cerita jadi menarik. Latihlah berulang-ulang, sampai hafal. Agar kelak saat maju sidang, kalimat yang keluar dari mulut kalian, sudah terstruktur dan sistematis. Selalu ada jalan untuk setiap kesulitan dan kelemahan. Tiba hari H saatnya sidang. Hati saya terharu ketika presentasi anak saya tersebut dapat berjalan dengan lancar. Seluruh penguji setuju, untuk memberikan grade A.
Selamat Nak. Semoga ilmu yang kau pelajari bermanfaat untuk perjuanganmu di masa depan.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

