Manajemen waktu di Universitas Jepang

Hari ini saya mengatur jadwal rutin diskusi progress penelitian dengan murid-murid bimbingan saya. Setidaknya seminggu sekali, secara rutin saya ingin berdiskusi dengan mereka, mengenai progress penelitian yang dilakukan. Pada hakekatnya, saya ingin belajar juga dari apa  yang mereka kerjakan, karena tema yang mereka kerjakan adalah bagian dari penelitian saya, bagian dari proses saya belajar memahami suatu teknologi. Saya jadi teringat dengan pengalaman saat masih menjadi mahasiswa, dan menjadi visiting professor di Jepang dulu.

Saat masih kuliah dulu, lab. kami punya jadwal rutin untuk diskusi kemajuan penelitian. Seminggu setidaknya 1-2 x dilakukan meeting secara rutin oleh sensei,  untuk memantau kemajuan penelitian. Setelah saya menjadi dosen dan membantu laboratorium professor lain, meeting mingguan menyesuaikan dengan jadwal beliau. Karena menjabat sebagai dekan, waktu beliau sangat terbatas. Beliau hanya punya waktu Kamis sore. Jadilah kami semua (sekitar 20 an anggota lab.) mengikuti meeting yang dimulai pk.7 malam dan berakhir esok harinya. Karena sensei sangat piawai dalam mengupas topik riset dengan bahasa yang sangat mudah diikuti, diskusi kemajuan thesis menjadi sangat menarik, walau diskusi berlangsung lewat tengah malam dan adakalanya selesai pagi hari. Nggak kalah dengan serunya kalau TV membahas gosip 🙂  Yang saya kagumi, adalah di sela-sela kesibukan beliau yang luar biasa, tapi beliau tetap komitmen memenuhi amanahnya membimbing sepenuh hati murid-murid beliau, dan juga menjadi contoh bagi kami, dosen-dosen muda. Itu tak mungkin tercapai tanpa manajemen waktu yang baik.

Di samping pertemuan rutin tersebut, dosen juga diminta untuk standby (office hour) pada hari Rabu. Seluruh kegiatan mengajar ditiadakan, dan dosen bekerja di ruangan masing-masing, siap menerima kalau mahasiswa ada yang ingin berkonsultasi, baik masalah penelitian maupun kesulitan dalam mengikuti kuliah. Adakalanya jadi sesi curhat. Sedangkan siangnya, kami mengikuti rapat jurusan yang sudah dijadwalkan sebulan sekali pada hari Rabu. Jadwal itu ditetapkan setahun sebelumnya.Dirancang jauh-jauh hari sebelumnya, dan dilaksanakan dengan disiplin. Kedisiplinan ini memudahkan dalam pengaturan jadwal untuk agenda yang datang belakangan. Tinggal dicarikan waktu yang luang di antara jadwal yang sudah fixed.

Pelajaran yang bisa diambil : selama di Jepang, kami diajarkan agar menghargai waktu, belajar membuat perencanaan yang baik, dan konsisten dalam menjalankannya. Walau mungkin kemampuan terbatas, kecerdasan pas-pasan, finansial terbatas, waktu terbatas, dengan perencanaan yang baik, dengan manajemen waktu yang baik, hasil yang dicapai bisa dioptimalkan, sehingga tidak akan menyesal karena waktu tidak akan terbuang dengan sia-sia.
“Time is all you have. And you may find one day that you have less than you think” (Randy Pausch, The Last Lecture)

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s