Cursor MBA bergerak-gerak sendiri

Kira-kira 1-2 minggu belakangan MBA saya mulai bermasalah. Saat jari saya tempelkan ke trackpad, kadang-kadang cursornya bergerak-gerak tidak stabil sendiri, loncat ke kiri/kanan padahal jari saya diam. Jari saya memang agak basah, walaupun sudah dilap. Setelah saya tanyakan ke FB, mendapat masukan bahwa MBA memang sensitif terhadap jari basah. Kalau jari kena air, apalagi trackpad kena air/basah, harus dilap agar kering. Harus dihindarkan agar air jangan sampai masuk ke sela-sela trackpad. Cerita Michael (murid saya di SGU), dulu mac nya pernah kemasukan air ke sela-sela trackpad. Kemudian dia memakai kertas A4 diselipkan ke celah antar trackpad dan body, agar air meresap ke kertas tersebut. Walau menurutnya, cara ini beresiko, karena kertas bisa saja putus dan tertinggal di dalam trackpad.
Akhirnya saya keringkan trackpad dan jari dengan tissue, agar benar-benar kering. Kemudian saya reset PRAM dan NVRAMnya dengan cara :

  1. Menshutdown MBA
  2. Tekan ALT, COMMAND, P dan R bersama-sama, kemudian switch ON MBA. Selanjutnya MBA akan menyala, dan kemudian restart lagi baru masuk ke login session.

Alhamdulillah sejauh ini masalah tersebut tidak kambuh lagi.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di linux, zaurus, iPod & komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

