Catatan mengisi seminar smart parenting Al Firdaus

885560_10153012131529477_4096327105178589817_oSabtu kemarin (7 Februari 2015) saya diminta oleh Yayasan Al Firdaus, untuk mengisi seminar smart parenting dengan tema “Menyiapkan Generasi Muda yang Kompetitif Terhadap Tantangan Global”.  Saya diminta berbagi tips, bagaimana menyiapkan generasi muda menuju MEA 2015, yang sebenarnya saya juga masih belajar mengenai hal ini. Saya fikir dalam hal ini ada 3 hal yang perlu dibahas: siapa object-nya, akan dibawa ke mana, dengan cara bagaimana ?object-nya : anak-anak kita, generasi muda yang sering disebut “digital native” kelahiran tahun 90 ke atas. Sedangkan generasi kita, yang mendidik mereka disebut “digital immigrant” dan dibesarkan di lingkungan yang didominasi media analog (kelahiran tahun 70an). Tidak mudah bagi kaum imigran untuk mendidik dan membawa pribumi (digital native) untuk menyongsong masa depan, karena mereka punya karakter yang berbeda dengan generasi sebelumnya, dibesarkan dalam lingkungan yg berbeda, shg otomatis cara berfikirnya berbeda. Acara dimoderatori oleh sahabat saya, Dr. Sutanto (FMIPA UNS), dan berlangsung cukup hangat. Pertanyaan yang diajukan banyak yang menarik, dan kadang sulit untuk kami jawab.

Di seminar tersebut, salah seorang peserta menanyakan : kenapa koq saya memilih pulang dan berjuang di Indonesia ? Tentunya tidak bisa saya jawab sambil ngegombal smile emoticon seperti kalau di kelas atau ke sahabat yg sudah saya kenal “karena pengin ketemu kamu” smile emoticonJawaban serius saya : ada beberapa rekan yang berjuang di LN, dan ada juga yang memilih pulang ke Indonesia dan berjuang di dalam negeri. Bagi saya, ada amanah yang harus saya tunaikan : ikatan dinas yang harus saya penuhi sepanjang 2n+1. Saya sudah tanda tangani kontrak itu, yang jadi hutang budi saya ke bangsa Indonesia, karena beasiswa saya dibayar dengan keringat bangsa. Karena masa saya menerima beasiswa pak Habibie adalah 6 tahun ( 1 tahun di Indonesia, 1 tahun persiapan + 4 tahun S1), setidaknya saya harus mengabdi di instansi asal 13 tahun. Sejak pulang thn. 1995, dalam perhitungan saya, sebenarnya kontrak kerja itu sudah selesai per 2008 yang lalu. Tapi saya merasakan benar, bahwa jika kita ingin berkontribusi riil untuk bangsa, maka medan perjuangannya itu di sini. Kalau ingin memperbaiki pendidikan, ya terjunnya di dunia pendidikan di Indonesia. Kalau kita bosan melihat PNS dengan segala stigma negatif-nya (lambat bekerja, tidak produktif, pemalas, korupsi), ya kita berjuang sebagai PNS yang baik, di tengah segala keterbatasan tentunya. Memperjuangkan idealisme itu tidak mudah. Mungkin perjuangan kita tidak berhasil sebaik yang dicita-citakan, tapi setidaknya sudah mencoba itu lebih baik daripada berpangku tangan. Tentu saja ada teman-teman saya yang berjuang di LN, dan saya menghormati pilihan mereka. Hanya saja, kalau bagi saya, tempat saya di sini. Saya ingat nasehat pak Habibie : “dimana saja kalian berada, sebagai apapun kalian, berikan yang terbaik yang kalian bisa berikan kepada bangsa kita”
IMG_7838 IMG_7861-1 IMG_7865

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di edukasi anak, talk & seminars. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

