Pulang ke rumah naik becak

Screen Shot 2015-02-20 at 8.34.49 AMKamis pagi, kereta Argo Lawu sampai di Solo sekitar waktu Subuh. Saya sholat dulu di musholla, dan kemudian mencari angkutan untuk pulang ke rumah. Kali ini saya memilih memakai becak. Sudah lama sekali tidak naik becak. Saya tanya, berapa tarif-nya untuk ke gudeg ceker Margoyudan, kemudian ke rumah di Colomadu. Jawab pak becaknya “monggo sak kersanipun” (terserah bapak saja). Wah, saya nggak enak kalau dijawab demikian. Saya tanya, bagaimana kalau Rp 30 ribu ? Pak Becak-nya minta 40. Baiklah, tidak mengapa. Kasihan, beliaunya sudah agak tua. Kalau pakai taksi sampai rumah sekitar 25 ribu. Tapi kali ini mampir ke gudeg ceker dulu. Wajarlah kalau 40 ribu.

Screen Shot 2015-02-20 at 8.33.09 AMGudeg ceker terletak di dekat SMA 1 & SMA 2. Dari stasiun balapan sekitar 1 km. Biasanya warung ini buka sekitar pk. 1.30 dini hari, dan pengunjungnya ramai sekali. Kadang harus antri 1 jam sampai pesanan dilayani. Karena kali ini saya datang pk.5 pagi, pengunjung sudah relatif sepi, dan saya langsung dilayani. Saya beli gudeg 10 ribu dan ceker 30 ribu, untuk dibawa pulang dan jadi sarapan kami di rumah. Porsinya ternyata cukup banyak.

Naik becak memang menyenangkan. Bisa melihat pemandangan Solo di waktu pagi, masih sepi dan asri.  Kecepatan becaknya saya kira sekitar 5-10 km/jam. Pelan-pelan, mungkin karena pak becaknya sudah lanjut usia. Kira-kira makan waktu hampir 1 jam untuk sampai rumah.  Tapi kali ini memang saya niatkan untuk menikmati udara dan suasana pagi di Solo. Foto di bawah kiri adalah di bunderan palang sepur Badran. Sedangkan bawah kanan adalah jalan Adisucipto di waktu pagi.

Screen Shot 2015-02-20 at 8.35.49 AM  Screen Shot 2015-02-20 at 8.36.00 AM

 

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

