Agar otak tetap remaja

Emak Alya-Tika cerita kalau semalam melihat acara menarik di Waku-waku Japan. Di daerah Setagaya (Tokyo), banyak orang yang lanjut usia tapi otaknya tetap aktif dan makin remaja. Setelah diteliti, ternyata ada 4 aktifitas yang menyebabkan otak tersebut makin remaja.

  1. Jalan kaki sehari lebih dari 8000 langkah  atau olah raga aerobik. Hal ini akan memperlancar supply darah ke otak
  2. Melakukan 2 kegiatan sekaligus (multitasking) bisa mengaktifkan otak. Tapi tidak semua kombinasi akan membuat otak jadi remaja. Masak sambil ngobrol yang temanya obrolan biasa, tidak akan membuat otak jadi aktif. Tetapi kalau obrolannya serius, otak jadi aktif. Dari berbagai pengamatan yang dilakukan, beberapa kombinasi yang membuat otak aktif adalah masak sambil ndengerin musik, mencuci sambil nyanyi, souji (menyapu/pel) sambil menyanyi.
  3. Melakukan kegiatan2 yg penuh dengan perencanaan. Di daerah tersebut banyak orang lanjut usia yang belajar komputer, mahjong dsb.
  4. Menulis buku harian

Diceritakan juga kalau seorang obaasan (nenek) yang kalau mau belanja mencatat terlebih dahulu, kebutuhannya apa. Dan saat pergi belanja, catatan itu sengaja tidak dibawa. Beliau mengingat-ingat apa saja yang sudah ada di list belanjanya.

Begitu cerita emak pagi ini. Saya coba surfing dan ketemu beberapa link terkait ulasan tersebut :  http://asahi.co.jp/hospital/archive/broadcast/2010_0119.html

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di apki, gado-gado. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Agar otak tetap remaja

  1. Rifai Prairie berkata:

    :O ou.ou.ou.. baru tahu saya kalo ngepel sambil nyanyi, mandi sambil nyanyi bisa bikin otak aktif. saya sering tuh! klo jalan kaki.. saya juga sering, tapi lebih seringnya naik sepeda angin 🙂 hehee
    Good post! :3 cuma kalo bisa ditambah gambar Bang! biar reader lebih semangat bacax dan ada ilustrasinya 🙂
    salam.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s