Picture, Video, Audio Data size : 2000-2017

Screen Shot 2017-06-30 at 9.01.05 PM

Grafik di atas adalah ukuran data gambar, video dan audio pribadi saya dari tahun 2000 sampai tahun 2017. Foto, video dan audio saya kumpulkan dalam satu folder bulanan, dan 12 folder per tahun saya kumpulkan di dalam satu folder besar tahunan.  Data di atas mulai dari tahun 2000, karena tahun tersebut, pertama kalinya saya memiliki Digital Camera, sehingga dokumentasi jadi lebih mudah.  Data yang saya kumpulkan belum bersih benar, karena adakalanya foto/video yang tersimpan lebih dari satu kali. Dalam kondisi data yang masih belum terlalu bersih, saya plot ukuran data per tahun dan hasilnya seperti grafik di atas. Data pada tahun 2017

Di awal tahun 2000-an, ukuran data saya relatif kecil. Perkembangan pesat mulai terlihat sejak tahun 2007, saat saya kembali ke Indonesia dan memiliki handphone yang sekaligus berfungsi sebagai digital camera. Akumulasi data 25 GB tercapai pada tahun 2009. Sedangkan akumulasi data berlipat dua, menjadi 50 GB pada tahun 2012. Data berlipat dua dalam kurun waktu tiga tahun (2009 – 2012). Data berlipat dua lagi menjadi 100 GB pada tahun 2014. Sedangkan pada tahun 2016, data saya menjadi 200 GB.  Secara kasar, akumulasi data media saya meningkat dua kali tiap dua tahunan.

Di dunia IT dikenal Moore’s Law yang disampaikan oleh Gordon Moore, yaitu  memprediksi kecepatan komputer meningkat dua kali  tiap dua tahun (jumlah transistor pada luas IC yang sama meningkat dua kali). Saya jadi khawatir, kalau data size saya ikut-ikutan mengikuti polanya Moore’s Law. Perlu menabung untuk kelak siap-siap membeli hard disk external berukuran besar.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

