Mengatur kartu nama

21272554_10155600110084477_4095785644370168087_n

Waktu saya masih SD, kami sering bertukar-tukaran label nama. Kadang dicetak dengan warna warni. Itu trend di antara kami yang di SD, tahun 80-an. Setelah kuliah dan ikut organisasi, kami membuat kartu nama. Ketika berkenalan dengan teman, dsb. di Jepang lazim kalau bertukar kartu nama. Dulu kartu nama tsb. saya atur dengan menempatkannya di kotak dan disorting berdasarkan alfabet. Tetapi ternyata tidak mudah untuk akses ke kartu nama yang diperlukan, karena searching masih dilakukan secara manual. Kartu harus diambil satu persatu dan dibaca, sampai ketemu yang dicari. Karena repot, kemudian saya mengganti metode penyimpanan kartu nama dengan memakai album seperti pada foto. Total sekitar 5 album. Masih dengan urutan alfabet juga. Cara ini akan memudahkan kalau saya harus mencari nama seseorang, karena begitu membuka album langsung terlihat informasi detailnya. Kesulitannya adalah proses insertion. Saya harus menggeser satu demi satu ke belakang, baru kemudian kartu nama dimasukkan ke posisi yang terbuka. Kalau di struktur data, proses insertion pada array akan makan computational complexity sebesar O(n). Persis seperti yang saya alami. Sangat merepotkan. Akhirnya setelah pulang ke Indonesia saya menyerah. Setiap ada kartu nama baru saya tumpuk saja. Belakangan saya coba digitalkan, misalnya seperti folder di kanan atas. Sekali digitalkan jadi nyaman. Sorting, searching mudah dilakukan. Memang ada sih software untuk mengorganisasi kartu nama dengan memakai OCR. Pernah saya install di iphone, tapi gagal. Akhirnya saya buat manual spt ini. Agar mudah dalam proses searching, tiap kartu nama diberikan nama file : nama, afiliasi, tanggal ketemu.
Kadang berangan, alangkah indahnya jika kartu nama saya yang sudah saya kumpulkan selama ini bisa diubah ke digital. Proses searching dan maintainance akan jauh lebih mudah, karena berkah “being digital”

PS: kendala spt ini dialami juga ketika medical record akan dibuat versi elektronik. Perlu waktu, biaya dan effort besar untuk mengkonversikan informasi yg disimpan dalam bentuk analog (kertas).

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di coffee morning. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

