Hasil penilaian Pengajuan Angka Kredit Jalur Fungsional 2017

Screen Shot 2017-10-03 at 9.59.00 PMHari ini saya mendapat kabar kalau pengajuan PAK (Penilaian Angka Kredit) Jalur Fungsional Perekayasa sudah selesai dinilai dan diumumkan. Bulan April yang lalu saya mengajukan 80.233 AK (Angka Kredit). Kebutuhan untuk naik ke IV-b, sebenarnya tinggal 62.172 (12 dari pengembangan profesi, dan selebihnya dari kegiatan kerekayasaan). Ternyata dari nilai tersebut, yang diterima adalah 47.037 atau 59% dari pengajuan. Acceptance rate ini hampir sama dengan pengajuan tahun lalu. Tahun lalu saya mengajukan 248.957 dan diterima hanya 125.859 (51%).

Screen Shot 2017-10-03 at 10.15.18 PM

Tahun ini, dengan bertambahnya 47.037 poin, kebutuhan untuk naik ke IV-b adalah 21.885 AK, dengan rincian : 5.4 AK dari pengembangan profesi, dan sisanya (16.485) dari kegiatan kerekayasaan.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, yang menjadi ganjalan adalah alasan pemotongannya tidak jelas. Kalau untuk kegiatan kerekayasaan, karena dokumen yang diajukan sifatnya laporan internal (technical document, technical reports, technical notes, decision sheet, presentation material, instruction sheet dsb) memang subjektifitas penilai bisa saja berperan. Tetapi kalau “pengembangan profesi”, saya tidak faham, mengapa dari 13.75 yang saya ajukan hanya diloloskan 6.6. Padahal mestinya tidak ada alasan untuk mengurangi, karena semua berbasis publikasi paper. Mungkin saja alasan penilai adalah agar tidak cepat-cepat naik pangkat tiap tahun. Tahun yang lalu saya baru saja naik ke IV-a. Lazimnya sih kenaikan pangkat 2 tahun sekali. Kalau kenaikan fungsional sih mestinya setahun sekalipun bisa, tapi mungkin saja penilai belum setuju kalau saya naik lagi tahun ini (kalau pengajuan saya yang 80.233 AK diterima, otomatis fungsional saya naik ke IV-b).

Tapi ya sudahlah, bagi saya menulis paper, menulis artikel, sharing adalah passion, hobby saya. Tidak mendapatkan penilaian yang layak sekalipun tidak akan mengurangi minat saya untuk belajar dan menulis. Menulis paper bukan sekedar untuk mencari KUM atau mengejar kenaikan pangkat.
Setidaknya saya lega. Baru pertama kali ini saya mengajukan kegiatan dalam jangka waktu setahun. Sebelumnya kadang akumulasi 3-4 tahun, sehingga kualitasnya kurang bagus. Insya Allah tahun depan dicoba lagi. Gambarimashou !

 

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di catatan kerja, coffee morning. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s