Corat-coret Anto S. Nugroho

Catatan kehidupan

  • Corat-coret Terbaru

  • Januari 2007
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Kategori

  • Arsip

Bagaimana memberikan presentasi yang menarik dan efektif ?

Posted by Anto Satriyo Nugroho pada Januari 29, 2007

Saat membaca tulisan pak BR mengenai presentasi, saya jadi teringat tulisan di blog lama yang belum sempat saya pindahkan ke sini. OK deh, tak usung mrene (saya angkut ke sini deh) :-)

Source : http://asnugroho.blogspot.com/2004/09/bagaimana-memberikan-presentasi-yang.html

Presentasi merupakan satu bagian tak terpisahkan dari kegiatan kita sebagai peneliti. Dengan presentasi, kita berusaha mengkomunikasikan ide kita secara langsung kepada pendengar yang berarti juga pada komunitas ilmiah (thought collective).

Beberapa kali saya melihat di gakkai, banyak peneliti yang sebenarnya materinya sangat menarik, tapi cara mempresentasikan idenya membuat orang malas mengikuti. Ada yang presentasi sambil membaca teks, ada yang terlalu banyak memakai animasi power point yang tidak perlu (huruf loncat-loncat, bendera berkibar-kibar), ada juga yang presentasi seperti membaca hafalan tanpa sekalipun eye-contact dengan pendengar. Sebaliknya, ada juga presentasi yang disajikan amat menarik, efektif, mampu berkomunikasi dengan audience, kadang diselingi humor, sehingga mampu meraih perhatian pendengarnya.

Cara yang mudah untuk menilai presentasi kita adalah dari pertanyaan yang diajukan. Presentasi yang menarik, akan memancing banyaknya pertanyaan dan komentar dari pendengar, walau komentar yang bersifat kontra/serangan balik sekalipun. Sebaliknya, kalau tidak ada pertanyaan sama sekali dari pendengar, berarti presentasi kita gagal, penelitian kita tidak menarik, atau membosankan (pendengar mungkin ingin agar sesi kita cepat selesai untuk beralih ke pembicara berikutnya).

Saat masih kuliah dulu, saya kurang memikirkan pentingnya mempelajari teknik presentasi agar ide kita bisa terkomunikasikan kepada thought-collective. Minggu yll. professor di lab. saya (Prof. Hasegawa) menyampaikan rangkuman beliau ttg. tips-tips dalam presentasi penelitian. Rangkuman tsb. bersumber dari artikel di Bio Nikkei business bulan November 2001, dan dimodifikasi berdasarkan pengalaman beliau sebagai peneliti di bidang medical imaging.

 

7 tips agar anda sukses dalam presentasi

Point 1 : Untuk meyakinkan pendengar, jangan memilih cara inkonvensional (tidak lazim), tapi sampaikan presentasi yang “berisi” agar bisa difahami oleh pendengar.

Hal yang sangat penting dalam memberikan presentasi, adalah kemampuan persuasi dari materi yang disajikan. Hindarkanlah memakai trik atau cara inkonvensional yang kurang perlu, agar tidak mengurangi reliability dari materi yang disampaikan. Jika pendengar presentasi anda terdiri dari para ekspert, presentasi yang bersifat “menyerang”, “straight”, “smash” lebih efektif. Sebalikya, jika cara presentasi anda terlalu bertele-tele, berakibat menurunnya konsentrasi ekspert pendengar yang berusaha memahami penelitian anda. Untuk meningkatkan reliability, tidak ada jalan lain kecuali meningkatkan mutu dari materi yang dipresentasikan. Untuk itu, sebelum melakukan presentasi, diperlukan kerja keras untuk memilih, merangkai materi yang akan disajikan.

Salah satu cara yang sering ditempuh, adalah memberikan penekanan pada isi yang dianggap penting. Misalnya mengatakan “Temuan yang paling penting dalam penelitian ini adalah ….”, selanjutnya diikuti dengan penjelasan bagian yang dimaksud. Cara lain misalnya dengan beberapa kali memperlihatkan data yang penting, agar pendengar memberikan perhatian lebih terhadap data tsb. Dengan cara tersebut, ide anda dapat tersampaikan secara efektif pada pendengar.

Point 2 : Faktor penting dalam presentasi adalah keseluruhan ide yang disampaikan harus dapat difahami oleh pendengar

Dalam presentasi, sangat penting bahwa ide yang disampaikan dapat difahami secara keseluruhan oleh pendengar. Untuk itu, saat menyiapkan slide, pada bagian awal jelaskan item-item apa saja yang akan dibahas. Selanjutnya jelaskan secara detail masing-masing item tersebut. Hal yang sama dilakukan juga saat menjelaskan tiap item/sub bahasan. Pertama-tama jelaskan secara singkat hal apa saja yang akan dibahas, baru diikuti dengan penjelasan detail masing masing sub bahasan.

Misalnya anda ingin menjelaskan karakteristik metode yang anda teliti. Pertama-tama jelaskan ada berapakah karakteristik dari metode tsb. Setelah itu, diikuti dengan menjelaskan masing-masing karakteristik tersebut secara berurutan dan terstruktur.

Jika anda menjelaskan hasil eksperimen, pertama-tama jelaskan bagian terpenting dari hasil tersebut dengan kalimat yang sederhana dan mudah ditangkap. Baru kemudian siapkan slide yang menjelaskan secara detail karakteristik hasil yang diperoleh.

Dengan membuat slide terstruktur seperti ini, saat anda menyampaikan presentasi, ide keseluruhan/outline dengan sendirinya akan dijelaskan pada awal dari slide presentasi. Misalnya “Pada metode ini ada tiga karakteristik yang penting. Ketiga hal tsb. masing-masing A, B dan C. Penjelasan selengkapnya dari ketiga karakteristik tersebut adalah sebagai berikut. …… “.

Point 3 : Pada akhir presentasi, sangat dianjurkan untuk mengulas kembali point-point penting yang dipresentasikan

Pada slide terakhir, sangat dianjurkan untuk mengulas kembali bagian-bagian penting yang perlu “digarisbawahi”. Anda dapat mengawalinya dengan kalimat sbb. “Demikian telah kami jelaskan penelitian mengenai W. Sebelum menutup presentasi ini, kami ingin mengulang kembali beberapa hal dan temuan penting dalam penelitian ini”. Untuk menjelaskan per point, anda dapat memakai kalimat misalnya sbb. “Pada studi ini, ada tiga temuan penting, yaitu X, Y dan Z.” Diikuti dengan menjelaskan masing-masing X, Y dan Z. Pemakaian kata “tiga” pada kalimat di atas, yang menunjukkan “banyaknya point” akan sangat membantu pendengar untuk memahami dan mengingat hal-hal yang akan disampaikan.

Dalam penyampaian tsb., anda perlu memikirkan cara pengungkapan yang paling jitu, dan paling berkesan (chikara wo ireta hanashi-kata), akan tetapi tidak jangan sampai terkesan tergesa-gesa. Fikirkan dengan sebaik-baiknya point-point penting mana yang akan anda sampaikan.
– Misalnya tujuan presentasi tsb. adalah menjelaskan suatu metode, maka point
yang penting untuk diulang adalah segi : keunggulan dan originality.
– Misalnya anda ingin menyampaikan hasil yang menarik dari suatu eksperimen,
maka anda dapat mengulang angka-angka yang mendukung hasil akhir
eksperimen tsb. seperti misalnya recognition rate, error-rate.

Yang manapun yang akan anda sampaikan, anda harus membuat alur cerita yang logis, dengan menyampaikan data yang dapat meyakinkan pendengar. Data seperti ini janganlah ditampilkan secara tiba-tiba pada slide yang terakhir, melainkan harus disampaikan pada tengah alur presentasi.

Penyampaian pada slide terakhir harus bersifat hanya sebagai ulangan. Kalau pada slide terakhir tersebut anda justru menampilkan hasil eksperimen yang sama sekali baru dan belum pernah diperkenalkan pada slide sebelumnya, justru akan berakibat membingungkan pendengar dalam menangkap bagian penting presentasi anda.

Point 4 : Pemakaian demonstrasi eksperimen merupakan hal yang menarik. Siapkan beberapa alternatif yang akan didemonstrasikan pada pendengar.

Catatan : tulisan ini dibuat untuk Hasegawa Laboratory, yang salah satu penelitiannya adalah virtual reality (VR). Jadi yang dimaksud “demonstrasi” di sini adalah memperlihatkan cara kerja software yang telah dibuat tentang tema-tema VR, simulasi virtual endoscopy, dsb. Bisa juga demonstrasi dalam bentuk peragaan alat yang telah dibuat dsb.

Anda dianjurkan agar dalam presentasi (di tengah atau akhir) dapat menyajikan demonstrasi software atau menunjukkan cara kerja alat yang telah dibuat. Demonstrasi yang memakai animasi, moving picture, akan memberikan sentuhan tersendiri yang efektif bagi peningkatan kualitas presentasi. Hal ini akan membuat pendengar lebih yakin atas hasil eksperimen yang telah anda jelaskan.

Jika tujuan presentasi adalah untuk memberikan impresi pada metode, pada bagian demonstrasi, tunjukkan contoh hasil yang memberikan impact kuat atas hasil eksperimen. Jangan lupa, sebelumnya anda perlu jelaskan secara lisan kepada pendengar, bahwa anda akan memperlihatkan sebuah demonstrasi. Hal ini penting karena akan membuat perhatian pendengar terfokus pada demo yang akan anda perlihatkan.

Biasanya cukup 1 jenis demonstrasi saja yang diperlihatkan. Akan tetapi, untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan, sebaiknya disiapkan beberapa jenis demonstrasi yang memiliki karakteristik berlainan, sekitar 2 sampai 4. Dengan demikian anda memiliki kesempatan memilih jenis demonstrasi mana yang akan anda sampaikan dengan memperhatikan reaksi pendengar, dan juga ada cadangan sekiranya salah satu dari demonstrasi tersebut gagal. Jika anda masih punya cukup waktu, tentu saja anda dapat memperlihatkan semua demonstrasi yang telah disiapkan.

Agar anda tidak lupa timing untuk memperlihatkan demonstrasi tersebut, bisa juga disiapkan 1 slide dengan tulisan sederhana “video”, sekedar untuk mengingatkan anda bahwa saat tsb. waktunya untuk menampilkan video (atau demonstrasi software) kepada pendengar.

Point 5: Perhatikan pengaturan waktu/scheduling dalam menyampaikan presentasi. Jika presentasi terasa berjalan lambat, anda perlu untuk meringkas materi yang disajikan.

Biasanya waktu untuk presentasi dibatasi, sehingga untuk menyampaikan materi penelitian, anda perlu memperhatikan pembagian waktu untuk tiap slide. Terutama sekali presentasi di seminar, conference maupun interview pekerjaan, bila presentasi anda melewati batas waktu yang ditetapkan akan berakibat kurang baik pada penilaian.

Jadi, rancanglah pembagian waktu untuk tiap hal yang akan disampaikan. Jika presentasi ternyata berjalan terlambat dari semestinya, ringkaslah bagian-bagian yang dapat diringkas, sehingga presentasi dapat berakhir sesuai pada waktu yang direncanakan. Untuk hal ini, saat anda membuat persiapan presentasi, urutkan prioritas hal yang tertulis pada slide, sedemikian hingga bagian atas pada suatu slide berisi hal yagn paling penting, semakin ke bawah prioritasnya lebih rendah daripada yang di atas. Hal ini akan membantu anda saat harus melewati bagian-bagian yang tidak penting, yaitu yang berada di bagian bawah, agar presentasi selesai tepat waktu.

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah anda harus memperhitungkan terlebih dahulu, waktu untuk memperlihatkan demonstrasi dan waktu untuk tanya jawab.

t = total waktu yang diberikan pada anda
– waktu untuk tanya jawab
– waktu untuk demonstrasi

Hasil pengurangan tsb. adalah t, yaitu sisa waktu yang anda pergunakan untuk menyiapkan slide presentasi. Dari slide presentasi tsb. anda bagi ke dalam beberapa blok, dan alokasikan waktu t tersebut ke dalam tiap blok. Jika anda tidak dapat memperkirakan jatah waktu tiap blok, maka cobalah untuk presentasi sambil mengukur waktu untuk tiap blok. Dengan demikian anda akan dapat memperkirakan, berapa waktu yang diperlukan untuk masing-masing blok, dan seterusnya aturlah sebagaimana dijelaskan di atas.

Selanjutnya, jika hal di atas terjadi dan anda harus men-skip slide, sampaikan pada audience, misalnya “Karena keterbatasan waktu, rencana presentasi ini
sedikit saya ubah….”. (少し予定を変更して…). Hal ini memberikan kesan yang jauh lebih baik daripada anda diam saja saat melewati topik-topik tertentu dalam pembicaraan.

Point 6: Perlunya berlatih presentasi di depan teman/kolega

Jika seseorang belum terbiasa melakukan presentasi, dan tiba-tiba diharuskan memberikan presentasi pada seminar atau forum resmi, seringkali ybs. gagal dikarenakan kata-kata macet di tengah-tengah, atau penjelasan yang diberikan ternyata salah. Jika penampilan anda seperti ini, bagaimana pun bagusnya materi yang akan disajikan, kegagalan tsb. akan membuat pihak pendengar presentasi anda menjadi kurang percaya dan sulit untuk menerima argumen anda.

Untuk menghindari kegagalan ini, tidak ada jalan lain kecuali berlatih presentasi berulang kali. Ajaklah teman anda di lab. sebagai sparring partner. Mintalah agar dia bersedia menjadi pendengar, dan berlatihlah seolah-olah anda berada pada situasi formal yang sebenarnya. Sebaiknya teman yang dipilih adalah orang yang terbiasa melakukan presentasi. Dengan demikian, dia cukup berpengalaman untuk dapat melihat sisi-sisi lemah yang perlu dikoreksi, maupun memberikan masukan bagi presentasi anda.

Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai teman anda tidak dapat menemukan kelemahannya. Jika anda belum terbiasa melakukan presentasi, sekurang-kurangnya anda harus berlatih tiga kali. Perbaikilah slide anda jika ada kritikan terhadap urutan slide maupun kekuranglengkapan lay out presentasi. Usahakan agar anda dapat merekam latihan presentasi tsb., agar anda dapat meneliti kembali hal-hal mana yang perlu dikoreksi. Karena latihan seperti ini karena makan waktu beberapa hari, maka sebaiknya anda mulai berlatih sejak 3 minggu sebelum hari-H.

Salah satu manfaat berlatih presentasi di depan orang ini adalah meningkatkan rasa keberanian dan percaya diri anda. Tidak ada obat untuk menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri selain membiasakan diri berbicara dan berpendapat di depan umum.

Point 7 : Cek lah projector sebelum melakukan presentasi

Tidak ada artinya jerih payah anda menyiapkan slide atau demo software, jika anda tidak dapat mempresentasikannya pada hari H. Jangan sampai presentasi anda gagal hanya gara-gara alat tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk menghindari kegagalan semacam ini, sebelum presentasi, periksalah apakah alat-alat tersebut dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan.

Jika untuk presentasi tersebut, anda harus meminjam projector, periksalah spesifikasi dan cara instalasinya. Selanjutnya, datanglah lebih awal daripada jadwal presentasi, dan periksalah sekali lagi apakah alat tersebut bekerja dengan benar. Ini untuk mengantisipasi, bila terdapat kerusakan, anda masih memiliki waktu untuk memperbaiki atau mencari alternatif solusi yang lain.

Saat anda men-set tampilan proyektor, sebaiknya jangan memakai slide-slide yang akan dipresentasikan. Disarankan untuk menyiapkan beberapa slide yang berfungsi sebagai “test-pattern” di halaman-halaman awal file presentasi anda.
Tips-tips dalam presentasi penelitian adalah catatan Prof.Hasegawa (Chukyo Univ) disampaikan ke anggota lab. Rangkuman tsb. bersumber dari artikel di Bio Nikkei business bulan November 2001, dan dimodifikasi berdasarkan pengalaman beliau sebagai peneliti di bidang medical imaging.

Nagoya, 20 September 2004

About these ads

111 Tanggapan to “Bagaimana memberikan presentasi yang menarik dan efektif ?”

  1. Jadi inget juga dengan presentasi yang disampaikan oleh The Houw Liong (Fisika ITB). Hanya menggunakan selembar transparansi dengan spidol merah. Padahal seminar Komputasi dan hanya beliau yang menggunakan OHP, lainnya LCD. :D
    Hanya beberapa point yang ditulis, lainnya dia ceritakan dan kadang coret-coret papan tulis.

    Tetapi saya juga masih heran dengan beberapa dosen saya waktu kuliah dulu yang mempresentasikan makalah dengan cara copy-paste dari makalahnya ke PowerPoint. Tulisannya kecil-kecil dan tidak indah untuk dipandang..

  2. derbud said

    Terima kasih atas tips-nya, ini sangat membantu saya.

  3. ratiz said

    saatnya membuat presentasi menggunakan flash…
    mudah dan menyenangkan…
    saya yakin presentasi itu pun nantinya akan berjalan baik…
    apalagi kalo dengan unsur multimedia yang lengkap ….
    sukses bwt yang mo presentasi .,…..

    thks 4 sharing….

  4. roy said

    makacih artikelnya, bagus buanget…………. gw baru pengen blajar presentasi, gimana caranya donk……… pleaze………. kirim ke roy_ist@yahoo.co.id

  5. diendy said

    thank’s bisa nambah referensi buat mahasiswa saya.

  6. doddy said

    makasih…..dapet masukan untuk buat presentasi…tapi klo bisa dilengkapi dengan softwar e presentsi yang lagi booming kayak flash point, camtasia studio dan temen temennya …tapi matur nuwun deh…

  7. [...] Tips Presentasi : http://asnugroho.wordpress.com/2007/01/29/bagaimana-memberikan-presentasi-yang-menarik-dan-efektif/ [...]

  8. Azizou said

    wah menarik bgt ini tips nya, kebetulan saya sedang mempersiapkan UP (usul penelitian) saya.
    bagaimana supaya saat membawakan presentasi tidak nervous dan gugup ??
    susah bgt kayaknya bicara di depan audience, suara sepertinya ga bisa keluar dgn baik.
    mohon bantuannya.
    terima kasih.

    Jawab:
    Satu-satunya jalan hanya dengan banyak latihan presentasi, penguasaan materi dan meningkatkan jam terbang presentasi, mas. Kita semua mengalami hal tsb. Good luck

  9. nha said

    makasih..bikin lega

  10. yanyan said

    kalo denger prof. The Houw Liong (Fisika ITB) jadi inget waktu beliau ngajar AI di kampus dulu

  11. cyberdev said

    cara2 bikin presentasi di powerpoint yang siiip..di muat dunk..
    coz da tugas nie…
    ok?
    thx!!! cz tgse okeh bgt ??? di muat nggih

  12. p said

    Eh pas browsing ada tips, thnx bgt ya tipsnya..bg yg dah tingkat akhir kul

  13. ukhti said

    gimana ya kalo kita dah nyoba berkali-kali tetep aja gagal,
    aku pengen nanya nih?kesulitan kesulitan yang sering aku alami saat mo presentasi:
    # muncul rasa grogi
    # panas dingin ak keruan
    # klo giliran ada pertanyaan, materi di kepala yang udah di pelajari betul jadi kosong karena nervous.

    gman cara ngatasinya?
    mohon balasanyaa ya, pada via email : ukhti_andunisy@yahoo.co.id

  14. awaludin said

    thanks tips presentasinya kalo punya yang lainnya tentang prensentasi email-in oke

  15. [...] Bagaimana memberikan presentasi yang menarik dan efektif ? by Anto S. Nugroho [...]

  16. [...] Bagaimana memberikan presentasi yang menarik dan efektif ? by Anto S. Nugroho [...]

  17. istiyanto said

    Ok juga tips2 nya

  18. arsal bam said

    tukisan ini baik sekali dan perlu disebarkan kepada para peneliti.

  19. arsal bam said

    bagus sekali

  20. andra said

    wah, berguna sekali tipsnya pak anto
    mudah2an anda juga mendapat balasan
    atas budi baik anda

  21. [...] Tips lainnya bisa dilihat di blognya pak Anto S. Nugroho di Bagaimana memberikan presentasi yang menarik dan efektif [...]

  22. arya said

    gimana cara membuat file exe nya untuk powerpoint

  23. yana said

    gimana ya

  24. gap said

    pak sangat bagus sekali artikel “Bagaimana memberikan presentasi yang menarik dan efektif ?”
    mohon izin saya masukkan artikel bapak ke blog saya.
    berikut url nya.

    http://gap.web.id/blog/blog2.php/2008/03/24/bagaimana-memberikan-presentasi-yang-men

  25. ivan said

    tips yang anda berikan sangat bagus..

    kemaren pas saya mengikuti LKTM tingkat fakultas, tips yang anda berikan saya coba mempraktikakkan..
    ya alhamd sanagt lancar sekali..meskipun dosen penguji kurang respon (cuek malah ngomong sendiri)

    ya akhirnya saya kurang beruntung tdk juara…

    em meliahat pemenang juara satu
    saya cukup heran

    karena tampilan slide kurang bagus (seperti koran, kopi paste. tdk ada poin)
    kurang menarik
    cara menyampaikan seperti penyiar radio (sangat cepat)
    bahkan sukar di mengerti
    bahkan peserta tersebut melebihi waktu 5 menit dari ketentuan (max 10 menit)

    yang saya tanyakan
    apakah hal tersebut efektif dan menarik untuk presentasi?
    apakah cara tersebut baik menurut anda?

    jadi pointnya, saya cukup heran dengan keputusan juri, bahwa peserta tersebut menjadi juara!???klo’ dilihat dari segi paper, semua rata2x dapat nilai9-10 (ungkap dewan juri)
    padahal nilai akumulasi d pengaruhi presentasi

    sungguh menyengangkan..karena 11 peserta dari 29 adalah mhs kimia yang tiap taon selalu menyabet juara..
    tp untuk taon ini gak ada satu pun yg mendapat juara..(terkesan sangat menyengangkan)
    trimakasih atas respon anda!

  26. Ilmi Mayuni Bumi said

    Saya seorang siswa kelas 2 smp d SMPN 4 Bandung dan saya sekertaris umum osis. Saya sudah mengajukan proposal. Tapi kenapa proposal yang saya ajukan tdk d kabulkan ?
    Terimakasih

  27. Kantini said

    Thanks udah sharing tips presentasinya.

  28. gadis said

    mau sih nerapin semua saran2 yang oke banget,,tapi gimana yah??kalo dah berdiri didepan para peserta apalagi kalo ada dosennya..fuuuh dah jantung debarnya makin kuat + pada ilang smua +gemetaran..heheheh..

  29. bagas said

    ada ga video presentasi rujukan, atau contoh yang bisa di pelajari, kirimi saya donk, trimakasih..
    ke:
    bagasscorpio@gmail.com

  30. prasta said

    ngambil dari strategimanajemen.net ya?

  31. %prasta
    Wah, situs itu aja saya nggak tahu & baca. Apa nggak terbaca mas, kalau materi di atas itu terjemahan dari tulisan professor saya di lab. dulu ? Beliau juga memofidikasi dari artikel di majalah nikkei, dalam bhs Jepang. Kalau kesamaan tips sih bisa saja terjadi.

  32. azkum. .

    Gmana ya. .Q sring banget “demam panggung” nich! jadi tanya solusi yang tepat buat ngatasinya. .
    bisa bantu?. .

  33. tanya solusi mengatasi demam panggung nich?

  34. %lambang beud
    Satu-satunya jalan hanya dengan banyak latihan.

  35. doni said

    yah presentasinya dah mepet nihc

  36. sisilia said

    Terimakasih, kebetulan saat ini kami lagi ujian praktek presentasi untuk Instruktur.

  37. maturnuwun atas tipsnya semoga bermanfaat

  38. endah said

    Saya mahasiswi kedokteran UNISSULA Semarang yang saya ingin tanyakan hal – hal apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam presentasi tuh????

    Gimana kriteria presentasi yang baik tuh????
    Apa sih Manfaat dan tujuan dalam presentasi????

    Kendala dan metode apa saja sih yang sering muncul dalam presentasi????

    Terimakasih

  39. [...] http://asnugroho.wordpress.com/2007/01/29/bagaimana-memberikan-presentasi-yang-menarik-dan-efektif/ [...]

  40. [...] http://www.gramedia.com/buku_detail.asp?id=HHcN4829&kat=3 http://asnugroho.wordpress.com/2007/01/29/bagaimana-memberikan-presentasi-yang-menarik-dan-efektif/ [...]

  41. huda said

    makasih atas tips-tipsnya…^^

    insya allah sangat membantu saya…
    saya ada lomba untuk mempresentasikan suatu penelitian kepada juri..
    apa langkah awal yang harus saya lakukan dalam mempresentasikan sesuatu??
    apakah penampilan dan kesopanan juga mempengaruhi??

    makasih

  42. [...] Ditulis pada Januari 29, 2007 oleh Anto Satriyo Nugroho [...]

  43. zal said

    ::mohon izin membaca dan mencopy postingan yang ini, semoga saat ini Saudara dalam sukses yang besar…..

  44. icha said

    mmm..aku ada persentasi tanggal 7 februari nanti,,,aku udah pernah persentasi..tapi hal yang paling buat aku kesal.,adalah ga PD,,,gimana yaa cara mengatasinya??

  45. brojol said

    nice artikel mas…
    lumayan tanbah ilmu buat persiapan
    presentasi tugas akhir nih

  46. boghen said

    Aertikelnya bagus banget,kalau boleh sedikit ngasih tambahan mudah-mudahan bermanfaat,karena Presentasi bisa dibilang merupakan salah satu momentum penting dalam pelaksanaan sebuah event. Untuk itu penyampaian presentasi harus meyakinkan sesuai dengan isi materi. Berikut ini sedikit tips dari twelve monkeys agar sukses di presentasi:

    http://www.12-monkeys.com/2008/10/24/tips-presentasi/

  47. Adibus Sholeh said

    Bagus sekali tips2nya. Selain kesiapan materi presentasi, satu hal penting yang juga harus dipersiapkan adalah kesiapan mental sebelum dan saat presentasi. Tips saya antara lain:
    1) Selalu positive thinking. Percaya bahwa kita bisa melakukan presentasi dengan baik.
    2) Tonton presentasi orang lain yang menurut Anda menunjukkan presentasi yang baik. Perhatikan cara bicaranya, intonasinya, dan gerakannya.
    3) Sebelum presentasi, selalu baca bismillah.

  48. puthree said

    thanks ya, jadi ada deh bahan buat tugas, hehe xD

  49. biscottie said

    keren bgt……..
    tapi tetep aja saya nervous nih..
    wish me luck ya.

  50. saipul said

    bagus banget tulisannya tuh………..

  51. Erwin Saputra said

    Sangat bermanfaat, mksh…
    mudah2an presentasi saya berhasil..

  52. ini bener2 trik yang luar biasa, mengagumkan!!!
    sebenarnya banyak cara yang bsa di gunakan, tapi
    ini sungguh cara yang spektakuler!!
    trimakasih bro, atas trik nya……
    thanks_

  53. makasih yah jadi bisa ngerjain pr hehehe :-)

  54. Aflakhur Ridlo said

    Assalamualaikum,

    Bagus banget tips nya. Sekedar tambahan, untuk presentasi yang sifatnya akademik, dan kita akan mempresentasikan sesuatu yang sangat-sangat penting, maka slide background putih dan tulisan hitam cukup besar (terlihat jelas)sangat baik agar pesan penting tdk rusak oleh animasi, warna,…dll.

  55. arung mega said

    assalam. . . sblum.a trima ksih ats tips2 yg d.brikan , sgat bgus utk presntasi . Tpi bgni pak , kalo sya presntasi, stiap abis slesai dan mlakukn tny jwb dgn audience..knpa kok jwbn dr sya kdag menimbulkn prtnyaan bru?!? Nah tu gmana pak cra menyiasti.a spya jwbn sya dpat mnju point2 dr prtnyaan para audience . Dan mgkin ad cra2 pnampilan presntsi dgn adobe acrbat ato micrsoft front pge(lgkah2.a ,krna bru awl2 mempljri tehnk presntsi) . . .mhon blasan.a utk d.krim ke : meghaa_dc@yahoo.co.id ,, trima ksih sblum.a .

  56. iwan said

    trima kasih tips nya

  57. iwan said

    terima kasihtipsnya ya

  58. rahmahanifa said

    Arigatou Pak!

  59. zikrina said

    thanks ya tips’a
    hari kamis presentasi kedepan

  60. adika keyen said

    ,trima kasih,,
    ,ini sangat membantu saya untuk olimpiade ekonomi,,
    ,doakan saya supaya menang,,
    ,terima kasih,, (:

  61. erna yuni said

    trimakasih aya jadi punya kejelasan about presentasi.

  62. evta said

    asslm,,,, maksih bnget ya,,,,tips yang bagus dan semoga dapat membantu sya untuk lomba nanti,,mhon doanya y,,,,

  63. Sidang Euy! said

    Akan saya coba pada sidang tugas akhir nanti.

    Doakan saya pemirsa! [-o<

  64. Asop said

    Asik, tips yang bagus untuk mahasiswa. :)

  65. febriosw said

    Benar.

  66. wido said

    jadi tambah pede nih….

  67. angga said

    THAKS

  68. aan said

    sebentar lagi saya seminar.. dengan ada ini saya jadi tambah siap..

    terima kasih pak

  69. terima kasih tips nya pak…semoga ujian presentasi saya pagi ini berhasil..amin

  70. Zainuri Ikhsan said

    trmksh ya atas artikelnya.

  71. Windy said

    thankssssssss……………..!!!!!!!!!!!!!!!!!

  72. Baguuuuuusssssss!!!!!!!!!!!!!!!
    thanks ya Pak……..

  73. Jafar said

    Trims banget tips2@ yaaaaaa

  74. indra kusuma hadi said

    Waaahh,,bermanfaat banget ni buat sidang besok..

    doakan yaa,,semoga sidang indra lancar!!!
    amiiin.. :)

  75. gogor ginanjar said

    thans kutipan bapak udh tambah saya pd buat sidang nanti,,,
    saya mau tanya pak???
    selain banyak latihan hal apa lg yg bs ngilangin rasa gerogi and nervous????

    di bantu ya pak!!

  76. ulasan yang menarik, thank ya utk masukannya
    kbtln job aq skrg u presentasi produk, jadi
    sangat membantu utk memperbiasakan apa2 yang perlu.
    teeengkkyyuu

  77. mohon ijin repost artikel ini ya om…
    trims

  78. achmad luthfillah said

    thanks sir,

  79. dicky surya nugraha said

    artikel yg sangat membantu sekali… semoga kebaikan buat kita semua

  80. Terima kasih ya… Kebetulan ntar siang mo presentasi. Tipsnya sangat membantu.

  81. Bagus sekali pak tulisannya.

    selamat datang di umn dan terimakasih sudah berbagi tentang Data Mining di Universitas Multimedia Nusantara – Serpong.

    Thanks for the sharing

  82. b4smi said

    Makasih banget…
    Benar2 sangat membantu..
    Thanks before

    mampir juga ke blog saya

    http://b4smi.wordpress.com/

    ^_^

  83. tya said

    aku mau presentasi besok … ku nervous ni …

  84. Galih said

    Terimakasih banyak…sekarang saya mengerti,cara mempresentasikan dengan baik dan benar,,,,tetapi,saya agak nervous utk presentasi besok..

  85. dewi said

    thanks, bisa dicoba di UPKP

  86. mega said

    waH kreN tips’y….
    tpi ug saya masih sering grogi ya…
    gmna tuh ngtasi’y

  87. tyo said

    terima kasih…ini membantu saya

  88. terimakasih sangat membantu saya?

  89. Nury said

    mxacih maz,,,,,,,,,,

  90. putra bojongloa said

    terima kasihhh atas tips dan triknya….saya termasuk orang yang jarang dan kurang berani berpendapat di depan umum..pengalaman saya jika presentasi baik itu perorangan atau kelompok, saya merasa kurang percaya diri gugup di hadapan audience dan dosen..bagaimana cara menghilangkan sifat tersebut???,dengan materi yang saya sampaikan,jikalau mau menerangkan poin-poin tertentu,,justru akan banyak pertanyaan yang timbul pada sesi pertanyaan…pertanyaan yang dilontarkan oleh audience..yang kemudian di jawab oleh saya..itu jawabannya rata-rata kurang lengkap dan memuaskan,jikalau kurang memuaskan maka teman yang duduk disamping sayalah yang berusaha untuk melengkapi jawaban yang saya utarakan ??apa karena kegugupan saya yang berpresentasi jadi kurang fokus,kurang akurat dan tepat sasaran jawabannya??terima kasih….mohon bantuannya titik kelemahannya ada dmana???

  91. saya sebentar lagi sidang ujian TA, DAN SEMOGA TIPS” INI SANGAT BERMANFAAT BUAT SAYA.

  92. Wah mantap nih sharingnya, sangat saya perlukan dalam melakukan presentasi.
    Terima kasih, semoga sukses selalu

  93. Nenden Fauziah said

    keren tips nyah…

  94. wenty oktamia said

    semoga saya tidak nervous, untuk mempresentasikan nya

    thank yah tips nya

  95. DAMIDI said

    ALHAMDALAH sekali dan saya sangat bersukur dengan adanya bantuan ide yg saya dapat dari web ini,sehingga saya lebih bisa lagi untuk mengembangkan potensi bisnis dan karier saya,lebih dari itusaya juga merasa sdm saya lebih meningkat dari sebelumnya. sehingga saya lebih pd dan lebih berani lagi.makasih ya atas segala sajianya,semoga tetap abadi….!!!!!.

    surya adi/oki/sumsel
    DAMIDI GGI(GOLDEN GROW INTERNATIONAL) 28-juli-2010

    ,

  96. terima kasih pak. sebagai bahan untuk maju presentasi makalah.
    Terima kasih atas sharingnya.

  97. edi kusdaryanto said

    boz kirimin saya contoh makalah presentasi dong. terima kasih bozz

  98. makasih banyak atas tips’a,insyaallah hari ini saya mau presentasiin tugas kulyah saya. Semoga berhasil ya!!!!!!

  99. Julian said

    keren deh.. empat jempol :D (y) (y) (y) (y)

  100. apa yang disampaikan itu sangat bermanfaat :)

  101. ShanThyh said

    terima kasih atas infonya …

  102. asyari said

    terima kasih ya atas penjelasannya, praktek presentasinya moga lancar selalu…

  103. wawan said

    emmmmmmm.jadi ingat masa2 kuly dulu waktu di dekain
    asiikkk bgt menegangkan tp banyak pengalaman

  104. Tiffani Witharza said

    makasih yah… berguna banget buat tugas saya malam ini… ^_^

  105. Virgo said

    Makasih banyak atas sarannya kebetulan saya ada presentasi besok untung ulum. Ini sangat membantu.

  106. wahid said

    tips yang bagus sekali. terimakasih atas pelajarannya….

  107. tips yang bagus dan bermanfaat..
    mari kita bertukar pikiran di id.4presentation.net
    thanks

  108. ardianti said

    searching di google, dan yang pertama-tama keluar di mbah google adalah situs halaman blog ini ^_^ thanks bgt ya udah ngasih tips nya. bermanfaat banget ^_^ sorry baru koment karna baru buka blog ini hehe :D

  109. Reblogged this on Iman Jaladri.

  110. sumiyati said

    trimakasihhhh atas segala tips2 dan sumbang budi ilmu presentasi yg begitu is okkkkkkkk……….kebetulan saya juga mau maju sidang di fak,teknik pertambangan,unikarta.semoga saya lancar amiiiiiin.

  111. sumiyati said

    trimakasihhhh,tips2 yg alami dan insyaallah bermanfaat bagi pemula,,seperti saya,,,yg akan menjadi pemateri di kampus dalam waktu dekat,,Aamiin,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 109 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: