Corat-coret di kampus : Online atau Offline ?

Kemarin saya mengajar machine learning di Informatika Univ. Padjadjaran. Saya sbg dosen tamu, diundang mbak Intan. Dua jam – tepatnya 95 menit – saya menjelaskan multilayer perceptron dan cara perhitungan backpropagation. Sebenarnya saya sekaligus ngetes diri sendiri, apakah saya mampu bicara terus selama 2 jam. Alhamdulilah, saya bisa walaupun lelah 😃

Tetapi mengajar itu sebenarnya lebih enak ketemu langsung, sehingga bisa diskusi dg siswa. Kalau lewat zoom banyak keterbatasan saya untuk berkomunikasi dg siswa.

Di buku Scientific Attitude-nya Grinnel, dikutip cerita pengalaman seorang penerima nobel selama berguru kepada advisor yang juga pemenang nobel “It’s the contact: seeing how they operate, how they think, how they go about things. (Question: Not the specific knowledge ?) No, not at all. It’s learning of style of thinking, I guess.” (Zuckerman, H. “Scientific Elite: Nobel Laureates in the United States,” McMillan, New York, 2977

Dua belas tahun yang lalu saya ngobrol dg mas Fahmi:

Dalam proses belajar, yang sangat penting adalah interaksi *langsung* guru & murid. Yg namanya berguru tidak hanya di kelas. Yang perlu dilihat & dipelajari adalah bagaimana saat professor/dosen pembimbing menghadapi masalah, menganalisa & menyelesaikannya. Ilmu tidak sekedar apa yg tertulis di buku. di Jepang ada pepatah anak dididik dg melihat punggung org tuanya.

Selama ini saya mengajar di Unpad lewat zoom. Tapi saya berharap, ada kesempatan unutk bisa tatap muka dengan siswa saya secara langsung di kampus (Jatinangor).

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar