Pembentukan Indonesian Association for Pattern Recognition (INAPR)

Pada hari Kamis, 5 Oktober 2017, saya ditugaskan mengikuti teleconference antara peneliti-peneliti Pattern Recognition Indonesia dengan perwakilan International Association of Pattern Recognition (IAPR) Perancis. Rapat  diselenggarakan di Institut Français d’Indonésie (IFI) Kedutaan Besar Perancis dari pk.13.30 dan berakhir sekitar pk. 15.00. Rapat tersebut dihadiri sekitar 15 orang dari peneliti di institusi-institusi Indonesia (Bina Nusantara University, BPPT, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Kalbis Institute.), Bp. Adhi Indra Hermanu (Kasubdit Riset Dasar Kemenristekdikti), perwakilan IFI, Kedubes Perancis,  dan 2 pejabat IAPR Perancis (Jean-Marc Ogier, Luc Brun). Dari yang hadir pada tanggal 5 yll, hanya sekitar 4 orang yang hadir pada pertemuan sebelumnya. Oleh karena itu, Jean-Marc Ogier mengawali pertemuan dengan menjelaskan secara ringkas tujuan pembentukan perwakilan Indonesia di IAPR.  Untuk pembentukan tersebut diperlukan susunan pengurus inti dan anggota, setidaknya 25 orang. Rapat dilanjutkan secara internal untuk memilih pengurus.  Terpilih sebagai pengurus pada saat itu

22196197_10154622558566601_7779504041925432163_n

  • President: Dr. Anto Satriyo Nugroho, Agency for the Assessment and Application of Technology (no.3 dari kiri)
  • Vice-President: Harco Leslie Hendric Spits Warnars, Ph.D, Bina Nusantara University (no.4 dari kiri)
  • Secretary: Dr. Suryadiputra Liawatimena, Bina Nusantara University (no.2 dari kanan)
  • Vice Secretary: Yulius Denny Prabowo, S.T., M.T.I., Kalbis Institute (paling kanan)
  • Treasurer: Dessi Puji Lestari, ST., M.Eng., Ph.D, Bandung Institute of Technology (no.2 dari kiri)
  • Vice Treasurer: Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS., Padjadjaran University (paling kiri)
  • Board Member: Prof. Dr.Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., University of Indonesia

Segera setelah pertemuan selesai, diteruskan dengan membuat group what’s app, facebook dan mailing list untuk menjembatani komunikasi di antara anggota.

Pada hari Minggu ini saya coba untuk memotret sebaran peminatan anggota (yang sudah mengisi database), dengan mengikuti kategori yang tertulis di bagian Technical Committee IAPR (http://iapr.org/committees/committees.php?id=6)

Potret sementara adalah sebagaimana gambar di bawah, yang akan terus diupdate scr iteratif untuk mengetahui sebaran peminatan pattern recognition di Indonesia.

Screen Shot 2017-10-08 at 9.47.16 AM
Screen Shot 2017-10-08 at 9.45.05 AM

related articles:

  1. http://www.ifi-id.com/jakarta/pembentukan-international-association-pattern-recognition-iapr-indonesia
  2. https://www.kompasiana.com/dinamars/59e309e0ef2a6532d8697e22/indonesia-menjadi-anggota-iapr-peneliti-mari-berkarya

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di research. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar