Berbagai jurusan di komputasi

Tulisan ini saya buat untuk menjelaskan kepada seorang rekan yang menanyakan, apa beda antara “Sistem dan Teknologi Informasi” serta “Teknik Informatika”. Puteranya kebetulan kuliah di Sekolah Teknik Elektronika dan Informatika (STEI) ITB. Sebelum menjawab, saya minta dikirimi silabus kedua program studi (prodi). Untuk mudahnya saya beri kode A dan B. A untuk Sistem dan Teknologi Informasi, sedangkan B untuk Teknik Informatika.

Dari penjelasan di referensi [1], A mencakup dua area utama : 1. Perencanaan, pengembangan, dan evaluasi atas sistem yang menjadi solusi untuk persoalan pengelolaan informasi bagi organisasi; dan 2. Perencanaan, pengembangan, evaluasi atas pengelolaan teknologi informasi yang digunakan bagi kepentingan sistem informasi organisasi. Tujuan pendidikan ini ada 3, tapi yang saya garis bawahi adalah “Lulusan akan menunjukkan kepemimpinan dan berperan aktif dalam memajukan komunitasnya.” Prodi ini lebih menekankan peran/keterlibatan dalam memajukan komunitas. Sedangkan B sebagaimana penjelasan di [2], lebih menyiapkan lulusannya sebagai calon engineer yang mampu mengerjakan tugas-tugas seperti database engineer, intelligent system developer, software tester dan tugas lain sebagaimana tertulis di website.

Kalau dilihat mata kuliah yang diajarkan dapat diketahui kalau ada beberapa matakuliah yang diajarkan di kedua prodi. Antara lain : Algoritma dan Struktur Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Keamanan Informasi dsb. Sedangkan mata kuliah yang diajarkan hanya di A (sistem dan teknologi informasi), antara lain Hukum & Etika Teknologi Informasi, Analisis Kebutuhan Enterprise, Organisasi & Manajemen Perusahaan Industri. Sedangkan mata kuliah yang diajarkan di B (teknik informatika), antara lain Inteligensi Buatan, Sistem Paralel dan Terdistribusi, Pembelajaran Mesin dsb.

Kedua jurusan sama-sama penting dan diperlukan di dunia komputasi. Mana yang dipilih tergantung dari mana yang disukai. Kalau saya lebih cocok ke pekerjaan engineer, jadi lebih memilih ke B. Sedangkan yang suka manajerial lebih cocok ke A.

Sahabat saya, pak Romi Satriawahono merangkumkan di blog-nya tips untuk memilih jurusan komputer di [3]. Tulisan beliau merangkum dari Computing Curricula tahun 2001 dan 2005. Versi terbaru tahun 2020 dapat dilihat di [4] yang merangkum penjelasan mengenai (a) Computer Engineering/CE (b) Computer Science/CS (c) Cybersecurity (d) Information Systems/IS (e) Information Technology/IT (f) Software Engineering/SE (g) Data Science. Visualisasi dari CC2005 dapat dilihat pada halaman 30, bahwa CE, CS, IS, IT, SE memang mirip, tapi ada penekanan yang berbeda. Pola ini dapat dilihat dari referensi [3] atau [4].

Rekan saya yang mengajar di IF ITB, secara ringkas menyampaikan kalau A=IS+IT sedangkan B=CS+SE. Dengan kata lain di ITB, Prodi Sistem dan Teknologi Informasi merupakan gabungan konsep Information System dan Information Technology. Sedangkan Prodi Teknik Informatika merupakan gabungan konsep Computer Science dan Software Engineering.

Referensi

  1. Prodi Sistem dan Teknologi Informasi https://stei.itb.ac.id/program-sarjana/sarjana-sistem-teknologi-informasi/
  2. Prodi Teknik Informatika https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-informatika
  3. Tips dan Trik memilih jurusan komputer https://romisatriawahono.net/2007/08/03/tips-dan-trik-memilih-jurusan-komputer/
  4. Computing Curricula 2020. https://www.acm.org/binaries/content/assets/education/curricula-recommendations/cc2020.pdf

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di edukasi anak, research. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar