membuat catatan kemajuan penelitian

Siang ini saya merangkum kemajuan penelitian dan memberi masukan tertulis untuk murid-murid & kolaborator. Ini cara saya belajar, dan berkomunikasi dg anggota tim penelitian. Sengaja saya buat tertulis agar knowledge kami terbentuk secara terstruktur, terpantau & terdokumentasi. File tersebut saya kirimkan ke murid-murid saya sbb.

Beloved students,
Saya kirimkan catatan & masukan saya untuk riset kalian pada minggu ke 11 (di tahun 2015). Kalau di Jepang, kami biasa berkumpul secara rutin seminggu (setidaknya) sekali dan membahas bersama-sama kemajuan penelitian yg dilakukan. Jadi satu pembahasan untuk semua anggota tim riset. Selama ini kita sering diskusi di waktu yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kesibukan kita, dan adakalanya saya harus mengulang hal yang sama beberapa kali. Agar efektif, saya buat dalam 1 rangkuman dan dishare ke kalian untuk dipelajari bersama. Masukan saya untuk 1 tema, adakalanya diperlukan untuk tema yg lain.

Setiap minggu setidaknya 3 hal yg saya perlu saya ketahui :
1- masalah apa yg kalian hadapi ? yang jadi PR dari saya ?
2- sejauh mana kemajuan yang telah kalian capai dalam menyelesaikan masalah ?
3- bagaimana kalian merencanakan 1 minggu ke depan ?

Hati-hati dengan waktu. Pergunakan waktu sebaik-baiknya, agar  kalian kelak bukan sekedar lulus, tapi dapat lulus sebaik-baiknya,  dan perjuangan saat mengerjakan thesis ini  jadi kenangan indah kalian.   “Time is all you have and you may find one day that you  have less than you think” (Randy Pausch)

Gambatte kudasai !

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah, research. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

